Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10









Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10 - Terkadang anda pernah mengalami laptop atau komputer terjadi hal-hal yang tidak di inginkan baik itu dari segi tampilan maupun segi perangkat lainnya dan membuat anda kerepotan untuk mengatasinya, bahkan anda bisa membawanya ke service laptopnya untuk menyelesaikan kerusakan yang terjadi pada laptop/PC Komputer. Tentunya sangat dapat merugikan kita apalagi didalamnya banyak data-data atau dokumen penting.

Permasalahan yang anda alami saat ini di Windows kalian seperti versi Windows XP, Windows 7,Windows 8,Windows 8.1,Windows 9 dan Windows 10 adalah tampilan layar laptop atau komputer kita yang berubah menjadi warna biru atau disebut blue screen. Blue screen bersamaan dengan error dan penyebabnya dengan error dan penyebabnya pasti dari kerusakan yang berada didalam. Permasalahan tampilan pc yang berwarna biru ini biasa disebut dengan Blues Screen of Death (BSOD) yang memberitahukan bahwa ada salah satu kerusakan pada perangkat lunak (software) ataupun hardware sehingga permasalah ini selalu muncul di laptop/ PC komputer anda.

Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10

Mengapa masalah ini dapat terjadi ? Karena bisa saja anda menginstall game seperti PS yang didalamnya terjadi kerusakan driver (software) atau yang game berat yang menyebabkan kerusakan juga pada hardware laptop/PC komputer anda. Dan sebenarnya juga laptop/PC Komputer windows anda telah menanggulanginya dengan merestar secara otomatis laptop/PC Komputer yang sementara terjadi error itu, anda bisa menyebutnya dengan windows crash, jika terjadi hal seperti itu, maka apapun hal yang anda lakukan, contohnya mengetik dan belum sempat di simpan/save, akibatnya data tersebut akan hilang.

Untuk mengatasi hal ini, saya menyediakan artikel yang akan mengatasi permasalahan error blue screen pada laptop/PC Komputer anda dengan sebaik mungkin. Anda dapat mengikuti tutorial/cara ini untuk memperbaik laptop/PC Komputer anda yang terkena blue screen. Di bawah ini saya menyediakan berbagai macam jalan atau cara untuk menyelesaikan permasalahan yang terkadi pada laptop/PC Komputer anda tersebut. Jika tutorial/cara ini tidak berhasil, silahkan coba cara selanjutnya dan seterusnya.

Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10


1. Tutorial/Cara pertama adalah silahkan anda mematikan laptop/PC Komputer anda terlebih dahulu dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop anda mati mengeluarkan bunyi, minimal dua puluh detik anda menahannya. Jika sudah, silahkan hidupkan kembali laptop/PC Komputer anda, lalu anda akan melihat beberapa pilihan masuk seperti Safe Mode, Safe Mode with Networking, Safe Mode with Command Prompt dan Start Windows Normally seperti pada gambar berikut.

Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10

Lalu anda pilih saja Start Windows Normally dengan memindahkan pilihan bantuan tombol up/down pada keyboard lalu tekan Enter.

Umumnya Windows anda akan berjalan dengan seperti biasa (normal). Tetapi jika anda ingin windows anda seperti semula, tekan saja Cancel seperti yang pada gambar di bawah ini. Di kotak itu akan muncul notifikasi (pemberitahuan) "Windows has recovered from a unexpected shutdown. Lalu anda klik Cancel pada kotak itu nanti akan memperlihatkan "Problem Signature seperti "Problem Event Name yaitu Blue Screen,l OS Versiloln, Local ID, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10

2. Tutorial/Cara kedua untuk mengatasi Blue Screen adalah dengan menggunakan Boot ke Safe Mode. Seperti pada cara pertama, tetapi sekarang anda masuk melalui Safe Mode, bukan Start Windows Normally. Pada Safe Mode, windows akan mengambil data driver yang penting saja. Jika anda salah dalam menginstall driver sehingga terjadinya Blue Screen Of Death (BSOD), anda bisa meng-unistallnya melalui Safe Mode.

3. Tutorial/Cara ketiga adalah dengan meng-scan malware. Program yang jahat juga dapat menyebabkan kerusakan yang amat fatal pada laptop/PC Komputer anda. Apalagi virus yang telah tembus ke sistem kernel anda sehingga sistem operasi anda menjadi tidak stabil seperti biasanya, untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membasmi virus dan malware tersebut dengan menggunakan antivirus yang kuat (powerfull).

4. Tutorial/Cara keempat ini adalah menggunakan System Restore. System Restore biasa digunakan untuk mengembalikan sebuah laptop/PC Komputer anda pada keadaan suatu waktu sebelum program tertentu dijalankan. Jadi contohnya Blue Scren ini mulai terjadi pada tanggal 4 oktober, lalu ada system restore yang ada pada tanggal 30 september, maka windows anda akan seperti keadaan tanggal 30 september. Apapun yang anda unduh/install dan atur pada tanggal sesudah 30 september itu akan terhapus dan hilang. Jika anda masih terjadi blue screen berarti kesalahannya terjadi pada perangkat keras atau disebut Hardware.

5. Tutorial/Cara kelima adalah tutorial yang dibilang sangat ampuh. Cara ini adalah dengan mengintall ulang windows anda menggunakan driver windows sehingga semuanya akan kembali normal seperti semula. Jika anda tahu cara menginstallnya, silahkan install sendiri saja, tetapi masih ragu-ragu bahkan tidak tahu sama sekali, silahkan minta tolong kepada teman anda yang mahir pada komputer untuk menginstall kembali sistem perangkat windows anda, atau pergi ke tukang service komputer terdekat yang ada didaerah kalian.

Semua langkah yang anda praktekan diatas tidak berfungsi sama sekali, maka anda dapat dipastikan bahwa yang terjadi kerusakan bukanlah pada driver perangkat lunak (software) anda melainkan pada komponen hardware di laptop/PC Komputer. Silahkan anda ganti atau service sama yang sudah mahir pada komputer. Mungkin cukup sampai disini mengenai Cara Mengatasi Laptop/PC Komputer Blue Screen Windows XP 7,8,9,10 , jika anda masih bingung, silahkan bertanya lewat berkomentar dibawah ini atau cari referensi dari web/blog lain. Terima Kasih.