Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Setting APN Smartfren 4G LTE Super Cepat

Cara Mudah Setting APN Smartfren 4G LTE Super Cepat - Siapa yang tidak kenal dengan smartfren? Ya, smartfren adalah salah satu provider yang dulunya hanya meluncurkan layanan seluler khusus CDMA yang berarti SIM Card hanya bisa digunakan pada ponsel yang telah bekerja. Tapi belum lama ini Smartfren meluncurkan kartu seluler GSM  yang berarti saat ini provider smartfren bisa digunakan untuk semua jenis ponsel termasuk smartphone. Selain itu juga, smartfren memberikan harga paket internet yang terbilang cukup terjangkau harganya.

Untuk soal jaringan, sesuai dengan slogannya yaitu Smartfren 4G LTE Advanced yang dimana memang jaringan Smartfren ini sudah support 4G di setiap daerah pelosok pun. Dengan jaringan 4G LTE kecepatan internet menjadi lebih cepat dan stabil. Tetapi masih ada saja salah seorang pengguna yang merasa bahwa kecepatan (speed) internet kartu Smartfren ini kurang cepat (atau kurang ngebut) padahal jaringannya adalah 4G LTE. Oleh karena itu, kalian bisa menambah kecepatan internet pada Smartfren melalui settingan/pengaturan APN (nama point akses) 4G LTE. Sebelumnya Aculastry akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu APN. Dan Fungsinya sih?.

Penjelasan APN pada Ponsel Smartphone


APN adalah singkatan dari bahasa inggris yakni Access Point Names yang berfungsi sebagai gateway atau pintu gerbang untuk jaringan GPRS 2G, 3G, 4G LTE maupun 4.5G agar ponsel tetap bisa terhubung ke jaringan internet. APN akan memberikan semua kebutuhan operator seluler dari mulai Alamat IP (IP Address), proxy, server agar ponsel dapat terkoneksi dengan internet. Jadi tanpa APN, maka ponsel kalian tidak bisa terhubung ke jaringan internet.

Cara Mudah Setting APN Smartfren 4G LTE Super Cepat

Smartfren GSM sudah memiliki fitur APN default yang secara otomatis terinstall saat SIM Card di masukan ke ponsel. Namun APN bawaan terkadang kecepatannya kurang cepat di daerah tertentu. Oleh sebab itu kalian bisa mempraktekan cara mengganti APN bawaan tersebut dengan APN Smartfren yang akan Aculastry bagikan pada postingan kali ini. Aculastry akan memberikan beberapa APN yang nantinya bisa kalian coba satu-persatu untuk mendapatkan hasil yang cocok di daerah kalian. Baiklah, dibawah ini adalah Cara Mudah Setting APN Smartfren 4G LTE Super Cepat .

1. APN Default Bawaan Smartfren


Nama : smartfren4g
APN : smartfren4g
Proxy : kosong
Port : kosong
Nama Pengguna : smartfren
Kata sandi : smartfren
Server : tidak di setel
MMSC : http://10.17.93.103:8080
Proxy MMS : 10.1727.250
Port MMS : 8080
MCC : 510
MNC : 09
Jenis Autentikasi : PAP
Protocol APN : IPv4
Protocol Jelajah APN : IPv4
Bearer : Tidak disetel atau kalian bisa ubah ke LTE atau HSUPA
Tipe Operator Jaringan Virtual Seluler : tidak setel

2. APN Smartfren dengan custom proxy


Nama : kuotareguler.com
APN : sbartbs5
Proxy : 31.13.71.3
Port : 80
Untuk yang lainnya kosongkan.

3. APN Unlimited Smartfren


Nama : kuotareguler.com
APN : unlimited
Untuk yang lainnya kosongkan saja atau tidak perlu disetel.

4. APN aha Smartfren


Nama : diisi bebas
APN : aha
Proxy : 103.29.149.219
Port : 80
Nama Pengguna : kosong
Kata Sandi :  kosong
Server : 8.8.8.8
Untuk yang lainnya tidak perlu di isi kosongkan saja.

Nah, itulah Daftar beberapa APN Smartfren 4G Super cepat yang bisa kalian praktekan satu persatu agar kalian mendapatkan APN yang super cepat di TKP kalian masing-masing.

Demikian yang dapat admin sampaikan tentang Cara Mudah Setting APN Smartfren 4G LTE Super Cepat . Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang kartu ponsel Smartfren serta APN.