Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah

Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips/cara bagaimana sih cara mengecek atau melihat umur domain website/blog kita yang gunakan ? pada ulasannya kali ini memang cukup simple sih tutorialnya tapi sebelum ke tutorial kita ketahui dulu yu apasih yang dimakasud Domain dan apa fungsi dari domain ini ? kita simak penjelasannya berikut ini.
Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah

Pengertian & Fungsi Domain 

Domain adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk mengidentifikasi (tod identified) nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Adapun fungsi Domain adalah untuk memudahkan pengguna di internet pada saat mengakses ke server, selain itu juga untuk mengingat (to memorize/ to store) nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP (Internet Protocol Address). Nama domain dapat diartikan sebuah kesatuan dari sebuah situs website contohnya "wikipedia.org". Nama domain terkadang dikenal istilah URL, atau alamat website.

nah lantas bagaimana sih ? mengecek umur domain yang kita gunakan ? berikut tutorialnya kami sajikan dengan mudah rinci .

Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah

1. Buka Situs/Website https://whois.icann.org
2. Lalu ketikan Domain anda dikolom dekat tombol LookUp
3. Nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah
4. Lalu kalian geser kebawah dan Lihat Kotak yang berjudul IMPORTANT DATES. selengkapnya cek gambar dibawah ini.
Cara Mengecek Umur Domain Dengan Mudah

Nah didalam kotak tersebut ada Updated Date (Tanggal Update), Created Date (Tanggal Dibuat) dan Registrar Expiration Date(Masa berakhir Registrasi) nah mungkin anda sudah tahu lah berapa umur domain dalam screenshot itu? kalau belum tahu mari kita jelaskan lagi  tanggal pendaftaran domain diatas adalah 2018-04-13 dan berakhir pada 2019-04-13 berarti domain yang ada discreenshot itu berumur 1 TAHUN.

Bagaimana menurut anda? cukup mudahkan cara mengecek umur domain ? nah mungkin cukup sekian apa yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga tutorial/cara ini dapat bermanfaat ya bagi sobat semuanya, dan jangan lupa untuk kunjungi terus ya blog Aculastry Tutorial untuk mendapatkan info menarik seputar tutorial unik . sampai jumpa lagi di artikel kemudian.

Sumber Referensi :

Wikipedia
Google
Whois Icann Org