Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses Dark Web Serta Penjelasan Tentang Dark Web

Cara Mengakses Dark Web Serta Penjelasan Tentang Dark Web - Selama ini kita sering mendengar yang disebut berselancar di dunia maya, bukan ? ketika berselancar kita hanya menyentuh permukaan lautnya saja. Di kedalamannya siapa yang tahu ? Kira-kira begitulah gambaran Internet yang paling dalam dan Deep Web (Web dalam).

Cara Mengakses Dark Web Serta Penjelasan Tentang Dark Web

Pada kesempatan kali ini saya selaku penulis akan mencoba untuk menjelaskan pengertian Deep Web. Harapan setelah membaca artikel ini kita tidak salah jalan lagi mengenai istilah Deep Web.


Apa Sih Yang di Maksud Deep Web?


Deep Web yah yang kita sering kenal adalah kumpulan konten World Wide Web yang tidak terindex oleh mesin pencari standar (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo. Seperti namanya "Web Mendalam" tidak terlihat dipermukaan.

Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus pastinya.
Menurut hasil riset sejumlah konten situs yang digolongkan sebagai Deep Web ini sangatlah banyak tidak terhingga. Hampir 96% dari keseluruhan Internet. Yang artinya situs yang biasa kita akses seperti sosial media Facebook, Instagram dll itu hanya 4% saja. Menurut hasil riset pula sebagian besar konten Deep Web berisi tentang database dari hasil penelitian.

Akan tetapi di Indonesia ternyata banyak yang salah jalan tentang hal ini. Karena hampir semua blog berbahasa indonesia menggambarkan Deep Web sama persis, yaitu sebagai kumpulan situsyang mengandung konten-konten negatif dimana terdapat banyak kengerian di dalamnya, juga tempat berkumpulnya seorang penjahat internet yang disebut Hacker sehingga anda harus selalu berhati hati.

Pertanyaannya, Benarkah jumlah situs Deep Web demikian begitu besar? apakah juga terpintas di benak anda bahwa ada yang salah tentang hal tersebut? pertanyaan-pertanyaan yang saya daftar di bawah ini mungkin dapat membantu memecahkan masalah anda untuk mengolah informasi itu.

  • Lebih banyak mana foto yang diupload di Internet oleh jutaan orang setiap harinya di bandun data riset orang-orang khusus ?

  • Jika Deep Web adalah kumpulan situs dengan konten tidak normal maka lebih banyak mana jumlah orang-orng seperti itu dibanding blogger yang jutaan jumlahnya?


  • Dari semua teman anda, berapa orang yang menjadi peretas atau golongan psikopat ? bahkan psikopat belum tentu bisa membuat tempatnya sendiri di Deep Web, bahkan kebanyakan Hacker juga bermain di forum surface web.
Jadi disini ada kesalah pahaman nya bos !


Pengertian Deep Web Sebenarnya !


Di dalam Deep Web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkotika, situs kekerasan, peretasan. Hampir semuanya dari situs Deep Web yang kita kenal berdomain dot onion.

Namun sebenarnya situs berdomain dot onion tersebut bukan Deep Web secara keseluruhan. Dot Onion cuman sebagian kecil dari Deep Web yang bisa kita sebut Dark Web atau sisi gelapnya Internet.


Situs berdomain Onion terhubung ke internet melalui jaringan TOR atau jaringan Bawang. Untuk mengaksesnya memerlukan tools khusus pastinya sehingga bisa di golongkan sebagai Deep Web. Jangan Kaget bos, jumlahnya hanya 0,3% dari total keseluruhan web. Sangatlah kecil.

Deep Web adalah seperti yang sebelumnya sudah di jelaskan, yaitu kumpulan situs yang tidak terindex oleh mesin pencari umum. Artinya private message Facebook anda pun adalah bagian dari Deep Web karena tidak terindex oleh mesin pencari.

Jika saya membuat sebuah situs yang hanya bisa di akses oleh jaringan kantor saja maka situs tersebut juga bisa digolongkan sebagai Deep web karena untuk dapat mengaksesnya anda harus masuk ke jaringan lokal terlebih dahulu.

Oleh karena itulah besaran kapasitas Deep Web dikatakan sangatlah besar oleh para ahli jadi sob jangan basa setengah-setengah ya jadi harus baca semuanya agar jelas. Meskipun sangat besar Deep Web tidak bisa dikatakan Intenet yang sebenarnya karena kebanyakan isinya adalah penunjang Web bagian atas.

Jika di ibaratkan internet bagian atas adalah wajah dan halaman toko yang bisa anda lihat sedangkan gudang-gudang privasi di belakangnya termasuk Deep Web.

Sebagian lainnya lagi merupakan toko-toko gelap yang tidak memiliki halaman depan yang bisa di kategorikan sebagai Dark Web. Uniknya ramai-ramai digambarkan bahwa seluruhnya dari Deep Web itu tadi bisa dijumpai dalam situs berdomain dot onion.

Penggambaran tentang jumlah dot onion yang salah jalan tersebut turut serta membuat nama Deep Web begitu melegenda. Seolah-olah internet yang sebenarnya adalah Deep Web karena jumlahnya yang sangat besar. Sampai-sampai banyak dari mereka yang rasa ingin tahu nya tinggi ingin mencoba memasuki Deep Web ini (yang sebenarnya adalah Dark Web).

Dark Web adalah kumpulan web dalam yang merupakan bagian kecil dari Deep Web. Untuk mengaksesnya kita memerlukan tool dan jalur khusus. Sebut saja salah satunya TOR Network (Jaringan TOR).


Penjelasan Jaringan TOR dan Cara Mengakses Deep Web (Dark Web)


Jaringan TOR (the onion router) tau bisa disebut jaringan bawang adalah server yang membuat para penggunanya menjadi anonim di internet, Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu lintas internet anda ke lebih dari 3 relay sebelum sampai ke tujuan.

Pengertian sederhananya komputer anda akan melalui komputer-komputer lain secara acak minimal hingga 3 dari 4000 lebih komputer sukarelawan di dalam jarngan TOR untuk dapat mengakses sebuah situs. Karena keamanan yang berlapis tersebutlah jaringan ini disebut sebgai jaringan bawang.
Cara Mengakses Dark Web Serta Penjelasan Tentang Dark Web

Identitas kita tidak dapat di ketahui sehingga  bisa dipastikan kita tidak terlacak ketika memakainya. Namun begitu data yang kita kirimkan tetap tidak terjaga keamanannya karena jaringan TOR hanya melakukan Enkripsi data sampai ke pintu keluar "Exit Relay".

Jaringan TOR di ceritakan kedalam Film MR.Robot Episode 1. Elliot berhasil membuka kedok seorang pengedar konten sex dibawah umur dengan cara mengontrol Exit Node/Relay dari jaringan TOR.


Wanna be Mr Robot? di artikel yang ini saya ulas bagaimana caranya menjadi Hacker ditahap awal. Pada tahap awal anda harus mengenal jaringan. Harus !.


Mungkin anda penasaran kenapa Deep web (Dark Web) itu ada? situs berdomain dot onion hadir sebagai bentuk perwujudan terkumpulnya situs-situs yang berlawanan dengan hukum namun tetap bisa bebas di akses melalui jalur khusus. Pemilik site berdomain onion pastilah orang-orang yang identitasnya tidak ingin di ketahui. Jika mereka publikasikan web mereka di Internet maka habislah mereka karena gampang terdeteksi dan gampang dilacak.

Cara mengakses Deep Web (Dark Web) tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan TOR browser yang bisa di download di TorProject. Ketika menggunakan Tor Browser anda bisa membuat identitas sendiri dengan membuat virtual IP Address sehingga IP sebenarnya tetap dirahasiakan. Jika merasa belum aman anda juga bisa membuat tor browser terkoneksi ke proxy/ VPN anda terlebih dahulu.Dengan Demikian tidak hanya IP Address kita yang disembunyikan namun juga fakta bahwa anda yang sedang memakan jaringan TOR.

Beberapa tips/cara ini akan membuat anda aman ketika memasuki dark web :

  • Jangan mendaftarkan e-mail (alamat email pribadi), nama pegguna (Username) dan Kata Sandi (password) anda jika informasi tersebut sama dengan yang anda gunakan pada akun pribadi anda. Buatlah e-mail khusus jika perlu.



  • Jangan mengaktifkan atau mendownload plugin pada TOR browser. Defaulnya (Pengaturan awal) TOR browser mengaktifkan fitur noscript yang akan menonaktifkan semua plugin yang dapat menjalankan script, misalnya javascript. Tujuannya adalah agar browser milik Anda tidak tereksploitasi program jahat seperti BeEF ( browser anda akan dikuasai jika suatu situs menjalankan BeEFing, syaratnya hanya jika browser anda menjalankan satu script saja efeknya?Pencurian cookies dan sebagainya). Anda bisa saja mengaktifkan plugin dan dalam bahaya, tetapi ketika anda sudah mengerti untuk tidak mengaktifkannya maka anda sudah AMAN (Safe).


  • Jangan mengunduh (mendownload) konten di dalam sebuah Deep Web dan langsung mengeksekusinya ketika anda masih online. Tidak ada jaminan file yang akan anda ambil itu aman dari virus. Browser TOR hanya mengamankan identitas anda saja. Beberapa file mungkin adalah virus trojan. Anda melihatnya dengan format gambar seperti jpg, png dan sebagainya namun ketika di eksekusi malah seperti .exe. Maka jika menemui yang seperti itu jangan lanjutkan penginstallan. Backdoor selalu disisipkan kedalam program yang harus anda install atau jalankan.

  • Jangan mengunduh (mendownload) melalui torrent di deepweb. Mengapa demikian ? Ketika kita mendownload menggunakan torrent, komputer kita akan terhubung langsung dengan komputer dimana filenya berasal percuma saja anda menggunakan jaringan bawang.

  • Ketika anda mengikuti saran di atas, tidak perlu lagi berlebihan seperti menutup kamera Laptop Anda segala saat memasuki Dark Web. Untuk mengakses laptop anda Hacker memerlukan setidaknya IP Address. Sedangkan IP anda sudah disembunyikan oleh TOR. atau... hacker (peretas) harus menunggu kewaspadaan anda hilang dan menginstall backdoor. Beberapa saat dan tenaga yang terbuang untuk melihat wajah kita yang tidak begitupenting? Keamanan kita sudah berlapis-lapis.


  • Mengerti exitnode jaringan bawang. Pada komputer (relawan) paling akhir di jaringan TOR data kita tidak di enskripsi. Disini si exitnode bisa saja menjalankan man in the middle attack (meskipun paling-paling hanya segelintir dari ribuan) Intinya data anda tidak aman jika koneksi yang dilewati tidak menggunakan https. Jadi saran saya nih, hanya gunakan TOR network ketika ingin mengakses dark web saja. Untuk internet biasa jika bukan jalur aman (https) jaringan menggunakan TOR network.


Apa Saja sih yang bisa temukan dalam Deep Web ?


Ketika memasuki Deep web anda mungkin akan merasa tersesat karena tidak memiliki peta alamat sebagai acuan. Tenang, ada hidden Wiki Kok. Silahkan menggunakan pencarian di hidden wiki pada TOR Browser.
Didalam hidden wiki sudah terdaftar situs-situs berbahaya seperti slickroad dimana didalamnya terdapat penjualan narkotika, situs yang memperdagangkan konten sex dibawah umur, pembunuhan dan lain sebagainya.
Cara Mengakses Dark Web Serta Penjelasan Tentang Dark Web

Situs tersebut dibuat untuk tujuan komersial. Biasanya mata uang yang dipergunakan di dalam Dark Web adalah Mata uang virtual seperti contohnya Bitcoin. Sebagai catatan, url berdomain onion selalu di tulis seperti acak, contohnya jhsajhfasjfssaf dot onion. Jadi, tidak seperti alamat-alamat website pada umumnya yang mudah kita ingat. Alasannya ? coba anda tebak sendiri.

Sekarang sudah mengertikah anda tentang pengertian Deep web dan apa itu Dark web yang sebenarnya ? Jika iya share dan komen dibawah ya guys. Terima Kasih .